Follow Us On Facebook

Cara sehat diet ibu menyusui bayi yang alami

Cara sehat diet ibu menyusui bayi yang alami - Kegiatan ibu menyusui sudah menjadi kewajiban wanita yang baru melahirkan jabang bayi. Bayi hanya makan ASI dari ibu kandungnya saja.

ASI mudah dicerna, karena selain mengandung zat gizi yang sesuai, juga mengandung enzim-enzim untuk mencernakan zat-zat gizi yang terdapat dalam ASI tersebut.ASI mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi/anak.

Dengan menyusui secara eksklusif dapat menunda haid dan kehamilan, sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alamiah yang secara umum dikenal sebagai Metode Amenorea Laktasi (MAL)

Mengandung, melahirkan dan menyusui merupakan proses yang paling ditunggu wanita. Kegiatan tersebut menjadi kewajiban seorang wanita pada umumnya.

Keinginan akan tubuh ideal seperti waktu belum melahirkan memang selalu didammbakan bahkan oleh semua wanita. Tubuh ideal yang tetap langsing dan pas memakai baju apapun.

Diet alami untuk ibu menyusui bayi tidak dianjurkan, Kenapa ? Diet alami bagi ibu menyusui bayi berdampak bagi ASI. Jika anda menerapkan diet yang pada umumnya, tentu berdampak sangat buruk.

Tips diet ibu menyusui yang paling utama yaitu berikanlah ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan dan kemudian diteruskan hingga 2 tahun.  Jadikanlah ini momen yang paling spesial antara diri Anda dan bayi, sehingga Anda bisa menjalankan proses menyusui tanpa beban dan jauh dari stress. 

Selain itu proses menyusui akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara alamiah karena per hari 300 – 500 kkal dibakar pada saat proses menyusui. Itulah kenapa ibu menyusui sangat cepat lapar. 

Jika Anda tidak mengontrol nafsu makan Anda dengan baik, maka jangan kaget jika tubuh Anda bisa lebih melar daripada saat hamil. Itulah kenapa porsi kecil namun sering dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Untuk mengatasi rasa lapar di luar jam makan besar, sediakan cemilan bergizi yang low fat dan low calories.
Maka mari kita simak cara diet ibu menyusui secara alami agar tubuh kembali langsing dan sehat.

Ingat, anda menyusui buah hati sudah merupakan menurunkan berat badan secara alami
Sudah saya jelaskan diatas bahwa secara alamiah anda menyusui buah hati sudah membakar 300 – 500 kkal.

Lakukan banyak kegiatan dengan si Buah Hati
Melakukan banyak kegiatan dengan baby merupakan diet alami yang tak terduga. Sebagai contoh, ajak keluar rumah, mencari udara sejuk. Kemudian jalan-jalan sore dll

Hindari makanan cepat saji
Anda pasti sudah tahu fastfood seperti hamburger, jajanan pinggir jalan yang 30 detik olah. Hindari makanan tersebut. Selain tidak sehat, tentu ini menambah lemak.

Kemudian ikuti diet berikut, sesuaikan dengan kebutuhan ;

Jam 7 Pagi, makan berat ditambah Jus Jeruk
Makan berat, ya anda bisa makan nasi ditambah daging dengan kalori rendah. Jangan lupa menyantap juga jus jeruk sebagai gizi tambahan.
Jam 10 Pagi, cemilan sayuran ditambah teh susu yang rendah lemak.
Cemilan sayuran, anda bisa membuat salad, kemudian ditambah teh susu.
Jam 1 Siang, gado-gado dan buah apel.
Masih menggunakan sayuran, olah sayuran menjadi gado-gado tambah dengan buah apel. Buah apel cocok untuk program diet ibu yang menyusui bayi.
Jam 4 Sore, makan olahan kacang-kacangan atau jagung rebus
Anda suka jagung rebus/Bakar ? jam 4 silahkan kombinasikan dengan kacang-kacangan.
Jam 7 Malam, tidak ada salahnya menyantap ayam panggang, buah apel dan kudapan malam
Penutup, ayam panggang kecap yang tidak terlalu pedas serta jus apel cocok untuk asupan malam hari.